Kamis, 07 Januari 2010

MATERI FINAL TEST : Keterkaitan Bahasa dan Budaya

B. Keterkaitan Bahasa dengan Budaya.

What is Language ?

- Language is a means of Cultural transmission

Artinya : bahasa adalah merupakan alat yang dipergunakan dalam transmisi atau pertukaran buadaya antara satu orang ke orang yang lain, atau sekelompok orang kepada kelompok orang yang lain atau bahkan satu bangsa ke bangsa yang lainnya.

- Language is what people use to talk about the things that are important to them.

Artinya : bahasa merupakan sebuah alat yang dipergunakan oleh masyarakat untuk berbicara / membicarakan mengenai satu hal penting bagi mereka.

- Language is a means of interaction between and among people.

Artinya : Bahasa merupakan alat yang dipergunakan dalam berinteraksi dalam sebuah kelompok manusia atau masyarakat, karena dengan bahasa itulah masyarakat bisa ber-sosialisasi dan membicarakan hal yang penting bagi mereka.

- Language is a set of sounds / signs and sentence pattern that express meaning.

Artinya : Bahasa adalah serangkaian suara atau sinyal dan pola kalimat yang mengandung arti tertentu.

Keterkaitan antara Bahasa dan Budaya

" The study of language can't be divorced from study of Culture and vice-versa"

( Sectye P 22 )

" A language is a part of Culture and Culture is a part of Language, the two are indicately interwoven so that cannot be separated each other either language or culture"

( Douglas-Brown, 1994 )

Contoh :

- Ada bayi lahir, mereka bisa berbicara bukan karena grammar tetapi karena budaya.

- Ada 2 anak kembar tetapi beda pengasuh, mereka berbeda bahasanya karena pola piker pengasuhnya yang berbeda.

Budaya memang secara jelas nberkaitan dengan bahasa. Karena bahasa merupakan media yang dapat menggambarkan mengenai budaya yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat atau sekelompok manusia. Sedangkan budaya merupakan sebuah aktualissai dari penggunaan bahasa itu sendiri. Dengan bahasa sekelompok manusia itu bisa berkomunikasi dengan kelompok manusia yang lainnya, bersosialisasi serta mempelajari budaya sekelompok manusia yang lainnya.

Why Language and Culture are inseparably connected ( Butjes,1999 )

- Language acquisition does not follow a universal sequences, but differs across cultures.

Artinya adalah bahwa Bahasa tidak mengikuti sebuah aturan universal tetapi mampu membedakan antara satu budaya dengan budaya yang lainnya.

- The process of Becoming a competent member of society is realized through exchanges of language in particular societies.

Artinya adalah Menjadi anggota masyarakat / sekelompok manusia yang baik adalah menyadari mengeani perubahan penggunaan bahasa yang berbeda di lingkungan yang berbeda (tertentu) atau di masyarakat tertentu.

- Every society orchestrates the ways in which children participate in particular situation. And this in turn, affects the form, the function and the content of children utterances.

Artinya adalah setiap masyarakat mempertimbangkan dimana seorang anak / anak-anak berpartisipasi / ikut berkomunikasi dalam lingkungan tertentu dan ini mempengaruhi mengenai istilah-istilah yang dihasilkan oleh seorang anak. Dalam bahasan linguistic ini disebut sebagai "Productivity / creativity".

- Caregivers' primary concern is not with grammatical input, but with transmission of socio-cultural knowledge.

Artinya adalah bahwa Perhatian yang terbesar adalah bukan mengenai masalah input grammatical / kebahasaannya, melainkan mengenai transmisi budaya saat bahasa itu dipergunakan dalam berkomunikasi.

- The native learner, in addition to language, acquires also the paralinguistic patterns and the kinesics of his / her culture.

Artinya adalah pembelajar asli ( dalam hal ini adalah bahasa ) juga mendapatakan mengenai Penyimpangan / paralinguistic dan kinesik dalam budaya mereka.

Kesimpulan

Budaya dan Bahasa adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dari salah satu definisi bahkan mengatakan bahwa Bahasa merupakan bagian dari budaya dan budaya merupakan bagian dari bahasa. Dua hal ini disadari atau tidak saling melengkapi satu sama lain. Sebuah bahasa bisa menggambarkan mengenai budaya yang dimiliki dan sebuah budaya bisa direfleksikan melalui sebuah bahasa yang digunakan. Sehingga dapat diambil benang merah bahwa bahasa berasal dari budaya dan budaya bisa direfleksikan melalui penggunaan bahasa dari satu generasi ke genarasi yang lainnya.



Source : CCU Class UMK


By. //ahmad.el.syarif//fkip//pbi//

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cross Cultural Understanding. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.