Kamis, 07 Januari 2010

MATERI FINAL TEST : Teknik-Teknik KOmunikasi

C. Teknik-teknik berkomunikasi

What is Communication ?

" The exchange of information, ideas or feeling"

" Something communicated such as message"

" Communication means traveling or sending message"

Artinya adalah Komunikasi merupakan pengiriman pesan, sinyal atau tanda.

( Collins, Concise Dictionary & Thesaurus )

Secara Singkat dapat dikatakan bahwa komunikasi merupakan sebuah proses interaksi antara satu orang dengan orang lain, sekelompok orang dengan kelompok orang yang lain atau sekelompok bangsa dengan kelompok bangsa yang lain. Atau juga dapat dikatakan skomunikasi adalah mengirimkan sinyal atau tanda kepada masyarakat lain atau orang lain dengan menggunakan media yang bemacam-macam.

Teknik-teknik Komunikasi

Teknik komunikasi Dibedakan menjadi beberapa macam kelompok.

  1. Berdasarkan penyampaiannya

- Komuniksi Langsung

Maksudnya adalah dalam pemnyampaian informasi, informasi yang disampaikan dapat langsung diterima serta dipahami oleh sang penerima informasi.

- Komunikasi Tak Langsung

Maksudnya adalah penyampaian informasi, informasi yang disampaikan tidak dapat langsung diterima dengan seketika, tetapi harus melalui tahapan-tahapan selanjutnya hingga sampai dan dapat diterima oleh sang penerima informasi.

  1. Berdasarkan Tahapan Komunikasi

- Komunikasi 1 Tahap

Komunikator langsung menyampaikan pesannya kepada komunikan.Maksudnya adalah Informasi yang disampaikan dapat langsung diterima oleh sang penerima informasi dari orang / individu yang menyampaikan informasi.

- Komunikasi 2 Tahap

KOmunikator menyampaikan pesannya tidak langsung ke komunikan. Maksudnya adalah informasi yang disampaiakn harus diproses dulu melalui tahapan selanjutnya yang nantinya akan dapat diterima oleh sang penerima informasi.

- Komunikasi banyak tahap

Maksudnya adalah Komunikasi yang melibatkan banyak tahapan dalam proses penyampaiannya hingga sampai dan dapat diterima informasinya oleh sang penerima informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cross Cultural Understanding. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.